Tulisan ini bertujuan untuk sebagai
panduan dalam membuat modul pembelajaran. Apalagi sekarang dengan
sistem kenaikan pangkat yang mengharuskan guru untuk membuat karya tulis
untuk dinilai sebagai angka kredit. Maka pembuatan modul dapat sebagai
salah solusi disamping juga merupakan bahan ajar yang bermanfaat bagi
siswa. Pada tulisan ini juga dilengkapi contoh modul yang dapat Anda
download. Semoga tulisan ini bermanfaat.
A. Pengertian
Modul
Materi
pembelajaran pada suatu modul, disusun den disajikan sedemikian rupa agar siswa
secara mandiri dapat memahami materi yang disajikan. Modul umumnya terdiri
dari:
1.
Petunjuk
siswa
2.
Isi
materi bahasan (uraian dan contoh)
3.
Evaluasi
4.
Kunci
jawaban evaluasi
5.
Pegangan
guru (bila ada)
Ciri lain dari modul adalah dalam
satu modul terdapat beberapa kegiatan belajar yang harus diselesaikan dalam
kurun waktu tertentu dan di setiap akhir pembelajaran terdapat umpan balik dan
tindak lanjut.
Umumnya satu modul menyajikan satu
topik materi bahasan yang merupakan satu unit program pembelajaran tertentu.
B. Tujuan
Penulisan Modul
1. Memperjelas dan mempermudah penyajian pesan materi pembelajaran agar tidak
terlalu
bersifat verbal.
2. Mengatasi keterbatasan ; waktu, ruang, dan daya indera, baik siswa maupun guru.
3.Dapat digunakan secara tepat dan bervariasi, sesuai dengan program
pendidikannya, seperti :
untuk siswa, mahasiswa, peserta
diklat, dll.
C. Karakteristik
Modul
1. Self instructional
2. Self Contained
3. Stand alone
4. Adaptif
5. User friendly
6. Konsistensi
D. Kerangka Penulisan Modul
ž Halaman Sampul
Halaman Pengantar
ž Kata Pengantar
ž Daftar Isi
ž Peta Kedudukan
Buku/ Modul Bab per Bab
ž Glosarium
I.
PENDAHULUAN
A.
Deskripsi
B.
Prasyarat
C.
Petunjuk Penggunaan Modul
1.
Penjelasan Bagi Peserta diklat
2.
Peran Guru dalam pembelajaran
D.
Tujuan Akhir
E.
Kompetensi
F.
Cek Kemampuan
II.
PEMBELAJARAN
A.
Rencana Belajar Peserta didik
B.
Kegiatan Belajar
1.
Kegiatan
Belajar
a.
Tujuan
Kegiatan Pembelajaran
b.
Uraian
Materi
c.
Rangkuman
d.
Tugas
e.
Tes Formatif
f.
Kunci
Jawaban Formatif
g.
Lembar Kerja
2.
Kegiatan
Belajar 2…..
3.
Kegiatan
Belajar n …….
III.
EVALUASI
A.
Pengetahuan
B.
Keterampilan
C.
Sikap
IV.
PENUTUP
Tidak ada komentar:
Posting Komentar